salju

Rabu, 23 November 2011

Apa Itu Organisasi ????

apakahhh inii dapatt dikatakann suatuu organisasiii ??? atau hanyalahh sebuahh perkumpulan belakaa ??

atauu iniii ????


Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
• Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
• James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
• Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
• Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
[
Dari beberapa pernyataan di atas saya menarik kesimpulan bahwa organisasi dapat dikatakan suatu persatuan, bukan hanya perkumpulan. Karena perkumpulan hanyalah sekumpulan orang yang belum tentu saling mengenal dan juga tidak memiliki kebersamaan dan persatuan. Tetapi organisasi layaknya sebuah persatuan, yaitu sekelompok orang atau individu-individu yang bersatu, yang memiliki tujuan bersama dan memiliki rasa kebersamaan. Dari sekelompok orang yang berbeda-beda kita akan menjadi satu, menjadi satu kesatuan yang beroganisir, maju bersama untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Mungkin pada gambar pertama kita melihat para penumpang yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menggunakan transportasi pada beberapa tujuan, namun mereka tidak memiliki rasa kebersamaan dan persatuan melainkan mementingkan keegoisan diri untuk mendapatkan yang mereka inginkan tanpa mempedulikan orang lain. Namun dalam organisasi kita berjalan bersama dengan maksud dan tujuan yang sama dan untuk kebaikan bersama di atas kepentingan pribadi. Jadi jawaban atas gambar yang terpampang di atas adalah gmbar ke-2 merupakan sebuah "ORGANISASI" dan gambar pertama adalah "PERKUMPULAN BELAKA". =)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar